Lanjut ke konten
Iklan

Dukungan Provinsi Kalimantan Tengah untuk mempersiapkan ASIAN GAMES 2018


live-asian-games-news-update-result-768x540

Semarak ASIAN GAMES 2018 (Sumber. Asiangames.live)

Oleh,

Maria Frani Ayu Andari Dias, Perawat.

ASIAN GAMES 2018 menjadi ajang olahraga skala Internsional yang sangat ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia didaulat menjadi tuan rumah untuk ajang yang sangat bergensi ini. Sejak ditetapkannya Indonesia sebagai tuan rumah untuk ajang perlombaan akbar ini, Pemerintah sudah berusaha sangat keras mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mensukseskan acara ini. Persiapan dimulai dari mempersiapkan lapangan dan tempat untuk bertanding hingga mempersiapkan wisma atlet yang merupakan tempat penting bagi para atlet yang akan berlomba nantinya.

Dalam skala Nasional untuk mensukseskan acara ini, Panita Penyelenggara Asian Games 2018 berupaya untuk melakukan promosi dengan mengadakan kompetisi online seperti Kompetisi Video, Blog dan Foto yang dilakukan secara independen dan juga dengan bekerjasama dengan beberapa media partner seperti Bitread dan Indonesiabaik.id. Kompetisi ini diharapkan mampu menggalang dukungan dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan ajang ASIAN GAMAS  2018 yang tinggal menghitung hari ini.

Persiapkan untuk menyambut Asian Games ini tidak hanya dilakukan para tempat tujuan pertandingan, tapi juga datang dari provinsi dan kota-kota lain di Indonesia, seperti dari Provinsi Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah sebagai salah satu provinsi di Indonesia memiliki cara sendiri untuk menyemarakkan ASIAN GAMES 2018 yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat ini. Seperti dilansir dari Antara Kalteng, Kamis 17 Mei 2018, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah mempersiapkan berbagai strategi untuk mempromosikan Asian Games ke-18 yang akan dilangusngkan di Jakarta dan Palembang pada Agustus 18-September 2 Tahun 2018.

Baliho ASIAN Games di Kanwil Kemhuham Palangka raya

Baliho ASIAN GAMES 2018 yang sudah terpasang di Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah (Sumber: MMC.Kalteng.go.id)

Strategi yang dimaksud adalah dengan melakukan promosi mengenai kegiatan ASIAN GAMES 2018 ini. Promosi dilakukan dengan memasang spanduk dan baliho di tempat-tempat strategis sambil terus menerus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk terlibat secara aktif untuk mempromosikan ASIAN GAMES. Salah satu contoh adalah Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah yang sudah memasang Baliho yang berhubungan dengan kegiatan ini, seperti dikabarkan oleh Warta Berita Multi Media Center Provinsi Kalimantan Tengah Edisi 07 Mei 2018. Selanjutnya, Bapak Sugianto selaku Gubernur Kalimantan Tengah, bahkan telah menunjuk dan mengkoordinir langsung satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menyemarakkan kegiatan Asian Games ini. Selain promosi, pemerintah provinsi juga menghimbau agar seluruh elemen masyarakat tetap menjaga suasana teduh dan sejuk dengan tidak membuat atau menyebar informasi-informasi yang kurang berkenan melalui media sosial.

Dukungan dari Kalimantan Tengah untuk Asian Games 2018 juga datang dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Tengah, seperti yang dilaporkan oleh Warta berita Sampit edisi 21 Mei 2018 baru-baru ini. Melalui Kepala Kejati, Bapak Adi Sutanto SH. MH, pihak Kejati akan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan ASIAN GAMES 2018 dengan mengirimkan atlet khusus pada cabang olah raga bela diri Lemkari. Untuk mewujudkan keinginan ini, Kejati akan melakukan tahap seleksi sejumlah atlet dan rencananya akan mengirimkan setidaknya 40 Atlet Lemkari untuk mengikuti ajang Asian Games. Besar harapan Kejati bahwa Atlet yang mereka persiapkan nanti akan mencuri medali sebanyak-banyaknya.

IMG-20170904-WA0047

Komite Olahraga Nasional Indoensia (KONI) Kalimantan Tengah dalam Diskusinya untuk mendukung ASIAN GAMES 2018 (Sumber. Borneotv.com)

Dukungan selanjutnya datang dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah dengan menggelar Focus Grup Discussion (FGD) pengumpulan data pelaku dan tenaga keolah­ragaan Nasional di Hotel Luwansa Palangkaraya, Se­nin 04 September 2017 seperti yang diberitakan oleh Borneotv.com untuk beritanya pada edisi September 5.2017. Diskusi yang dimaksudkan adalah untuk meminimalisir perpinda­han atlet secara ilegal dan mengimplementasi aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia ASIAN GAMES 2018. Selain itu, dukungan untuk ajang ASIAN GAMES 2018 juga dilakukan oleh gabungan aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri (Polisi Republik Indonesia) dalam sebuah acara Car Free Day di Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah beberapa waktu yang lalu Minggu (12/05/2018) pukul 06.00, sesuai dengan laporan berita dari TribataNews.com pada edisi berita tanggal 13 Mei 2018.

Tidak banyak informasi dan catatan yang diperoleh mengenai persiapan Provinsi Kalimantan Tengah dalam menghadapi dan ikut memeriahkan ASIAN GAMES 2018 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Meskipun demikian, upaya yang dilakukan oleh pemerintah telah cukup dirasakan disekitar Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini. Besar harapan kita sekalian kedepannya, Provinsi Kalimantan Tengah dapat ikut berpartisipasi secara aktif dalam ajang Internasional ini demi bersama-sama menunjukkan kepada Dunia kekayaan, kekuatan dan martabat bangsa kita seperti yang digaungkan oleh Presiden Indonesia Pertama, Ir. Soekarno,

Asian Games bukan hanya terbatas pertandingan olahraga, tapi juga mengusung harga diri bangsa!” ( Ir. Soeharto)

Ayo #dukungbersama #asiangames2018 #EnergyofAsia !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: