Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang ASIAN GAMES 2018

21 komentar

Oleh,

Maria Frani Ayu Andari Dias, Perawat.

Indonesia sedang mempersiapkan dirinya untuk menerima tamu-tamu dari berbagai negara untuk ikut serta dalam ASIAN GAMES 2018 yang akan diselenggarakan dalam beberapa hitungan hari lagi. ASIAN GAMES 2018 ini dijadwalkan akan dilaksanakan mulai 18 Agustus 2018 pada dua kota berbeda di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang Bagi Indonesia sendiri, ini adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah sebelumnya tahun 1962 Indonesia menjadi tuan rumah untuk yang pertama kalinya dalam ajang olaraga Internasional tingkat ASIA ini.

Saya sangat exited untuk menyambut acara olahraga ini, Kamu ?. (Jangan dikira Perawat tidak tahu menahu soal olahraga yaSaya sangat antusias sampai menuliskan dua postingan mengenai ajang olahraga ini, Piala Dunia tunda bentar dulu ye…).

Baca Juga: Dukungan Provinsi Kalimantan Tengah untuk Mempersiapkan ASIAN GAMES 2018

Persiapan yang dilakukan oleh Indonesia sebagai tuan rumah sama sekali tidak main-main. Persiapan tidak hanya mulai dari melengkapi dan me-renovasi Gedung olahraga tapi juga merambah ke area lain seperti akses jalan, alat transportasi bahkan hingga tempat tinggal Atlet yang akan berlaga dalam pertandingan untuk memperebutkan kursi pemenang ASIAN GAMES 2018.

Nah, sebelum terlambat dan dikira tidak gaul oleh teman-temanmu, ayo mengenal sedikit mengenai ASIAN GAMES yang akan diselenggarakan pada tahun ini di Negara kita.

Pertama, untuk ASIAN GAMES 2018, Indonesia memilih Logo dan Maskot yang sangat unik dan benar-benar mewakili nilai-nilai milik Indonesia asli. Perkenalkan, Mereka adalah Bhin Bhin, Atung dan Kaka. Ketiga mascot ini bila digabungkan melambangkan Semboyan terkenal negeri kita, Bhineka Tunggal Ika. Keren, bukan ? (Salut dengan Tim Kreatif yang menciptakan Maskot ini). Bhin-bhin dilambangkan sebagai seekor burung Cendrawasih, hewan yang banyak hidup dan tinggal di Provinsi Irian Jaya. Bhin-bhin melambangkan Strategi yang akan digunakan oleh para Atlet (dan pelatihnya) untuk memenangkan pertandingan di arena. Selanjutnya adalah Atung. Atung adalah seekor Rusa Bawean (Wah, ini baru pertama kalinya mendengar dan mengenal ada Rusa yang bernama Bawean). Atung melambangkan kecepatan untuk mengambil tindakan, strategi, untuk mencapai kemenangan. Dan yang terakhir adalah Kaka. Kaka adalah seekor badak bercula satu yang merepresentasikan kekuatan. Ya, kita yang mengenal badak pasti tahu bahwa hewan ini memiliki tubuh yang super dan kekuatan yang tidak main-main. Keyyyeeeen…

 

0649885d-10d4-4668-a27f-f142e33d1d99_169
LOGO dan MASKOT (Bhin Bhin, Atung dan Kaka) ASIAN GAMES 2018 (Sumber. Sportdetik.com)

 

Nah, untuk Logo ASIAN GAMES 2018, pihak penyelenggara mengambil inspirasi dari bentuk Stadion Utama Gelora Bung Karno yang memiliki delapan jalur menuju stadion dan lambang matahari dari logo Olympic Council of Asia di bagian tengah, yang mencerminkan tema “Energy Of Asia”. Seperti dikutip dari website resmi ASIAN GAMES 2018,

Keseluruhan desain menggambarkan bagaimana “Energy of Asia” akan menyebar ke seluruh dunia. Busur warna-warni juga mewakili keberagaman budaya multinasional Asia dan Indonesia. Jiwa dari “Energy of Asia” terbentang pada keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah. Saat semua elemen ini bersatu, ini akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia.

Ihh…sampai merinding membacanya !

Kedua, ada lebih dari 20 cabang olahraga yang diperlombakan dalam ASIAN GAMES tahun ini. Mulai dari cabang olahraga Akuatik, Anggar, Angkat Besi hingga Tinju, dan Triathon. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung meng-klik disini. Hitung-hitung sambil belajar mengenai beberapa cabang olahraga. Siapa tahu di-sekolahmu saat ini kamu hanya punya satu atau dua cabang olahraga saja untuk mata pelajaran Olahraga/Pendidikan Jesmani dan Kesehatan/PE (Physical Education) (Apakah sekarang masih menggunakan kata ‘Penjaskes’ untuk mewakili pendikan olahraga ?, Mohon infokan kepada saya ya…maklum, sudah nyaris 10 tahun lalu lulus dari SMA).

Ketiga, total ada 45 negara yang akan ikut berpartisipasi dalam ASIAN GAMES 2018 kali ini. Mulai dari Afganistan, Bangladesh hingga Urbekistan, Vietnam dan Yemen. Tidak ketinggalan Korea, pasti yang gemar dengan K-Pop/K-Drama pasti histeris dan bersemangat untuk mengikuti ajang ini (Termasuk saya, apalagi sejak melihat pemain Korea menang melawan German dengan 2-0, ya..meskipun mereka harus menerima kekalahan ketika berhadapan dengan Swedia dan Mexico).

Keempat, janji deh ini yang terakhir. Panita Penyelengara dan juga panitia bidang promosi (mungkin) membuka kesempatan kepada kita-kita yang suka membuat Video, Blogger Mania dan mereka yang suka Foto-foto untuk mendapatkan kesempatan berkompetisi dalam Kompetisi online untuk memperebutkan berbagai macam hadiah dari sponsor. Bagi kita yang suka nge-blog, kita punya peluang besar untuk mendapatkan paket hadiah langsung berupa

1) Samsung J7+; 2) Samsung Galaxy Tab A with S Pen; 3) Canon PowerShot SX430 IS; 4) Canon IXUS 185; 5) Hard-disc 1 TB; dan tidak ketinggalan 6) Uang Elektronik sebesar Rp.500.000 (bagi yang beruntung).

Kompetisi ini masih akan terus diselenggarakan paling lambat sampai 16 Juli 2018 pukul 23.59 WIB. Informasi mengenai syarat dan ketentuan kompetisi (terutama untuk Blog) dapat kamu lihat disini.

Ayooo Buruan! Tunggu apa lagi ?.

Ayo #dukungbersama #asiangames2018 #EnergyofAsia !

Iklan

21 comments on “Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang ASIAN GAMES 2018”

  1. Teirma kasih kembali. Bagi yang suka olahraga dan blogging, pasti akan sangat antusias mengikuti lomba ini. Ayo ikutan.

    Rencanannya sih bgitu, Kak.

    Ayo ikutan !

    Suka

  2. Sekarang namanya juga masih Penjaskes, tapi Penjaskes yang sekarang ada ujian teorinya. Kalo ada ujian teori Penjaskes, aku paling males ngerjainnya.

    Wah, emang aku kurang tertarik sama acara-acara olahraga macam Asian Games dan Piala Dunia. Tapi, setidaknya aku dapet sedikit informasi tentang acara olahraga tersebut.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Terima kasih informasinya ya, Mas Yos.
    Wah…ternyta masih seperti 10 tahun yang lalu ya, ada teorinya dan ada praktiknya jga ☺☺

    Hayooo Mas Yos, kita sukseskan bersma-sama acara ini dan semoga informasinya membantu…

    Disukai oleh 1 orang

  4. Hayooo Kak…ikutan..

    Ayu masih binggung jga ini, mau registrasi tapi kok ngak bisa wkwkwkwkwkwk.

    Nanti kita bagi2 ya kak…klo dpat rejeki 😄

    Suka

  5. Jujur aku rada sdikit malas mau ikutan lomba kenapa ya? Jujur sekali lagi emang belum pernah.. 😀😀😀

    Ga bisa kenapa? Jaringan?

    Amin..sipz..

    Klo dapat smartphone berarti dibagi dua dong smartphonenya…kamu sebelah aku sebelah..😂😂😂

    Disukai oleh 1 orang

  6. Kalau Ayu sih hanya karena penasaran, kira-kira prosesnya bagaimana dan seperti apa. Itu aja, soal menang atau tidak, itu mah bonus dan soal keberuntungan saja wkwkwkwkwk.

    Ngak tahu, kenapa ya…hahahaha. Nanti, Ayu coba lagi deh ya.

    Ia, Kakak dapat box-nya, Ayu yang smartphone-nya. hahahahaha

    Suka

  7. halahhhh
    yang sudah saya ketahui sih 1
    ASIAN Games ini belum ada geregetnya sama sekali euy
    kalah sama Piala Dunia malah

    Disukai oleh 1 orang

  8. Mungkin karena cakupannya yang berbeda, satu dengan kata ‘world’ dan satu dengan kata ‘asian’.
    Nah, karena kurang greget inilah maka ayo kita greget-kan.
    Cukup prihatin karena antusiasme dari daerah juga tidak banyak dirasakan sih.

    Suka

  9. Cukup banyak menyaksikan dukungan untuk Asian Games di spanduk-spanduk, tp gegap gempitanya masih kalah sama Piala Dunia ya kak.

    Informatif tulisannya kak, saya malah baru tahu mascot-mascotnya. Heuheu. 😆😆😆

    Disukai oleh 1 orang

  10. Ia, Ikha. Memang promosinya masih kalah jauh dari Piala Dunia. Tapi, saya rasa nanti ketika piala dunia sudah selesai, dan kita sudah tidak ada hiburan olahraga lagi, mungkin Asian Games ini menjadi pengganti yang cocok.
    Soal timing aja mungkin ya…

    Hahahaha, Ia Ikha. Kemarin ceritanya ada keponakan juga yang kirim pesan dan nanya soal maskot Asian Games ini, katanya dapat tugas untuk cari tahu soal itu. Ngak sengaja juga pas mau melanjutkan tulisan soal Asian games, ya…kebetulan lah biar dimasukkan kedalam tulisan ini. Sekalian belajar juga.

    Disukai oleh 1 orang

  11. KTP menunjukkan kalau Ayu ini warga Kalimantan Tengah. Kerja di Banjarmasin, Kalimantan Selatan sekarang dan saat ini sedang ada di Manila-Filipina (lagi) untuk mengerjakan satu proyek kerjasama disini, Kak.

    Begitu, Kak. Lucu ya hahahahaha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s