Lanjut ke konten
Iklan

Taxonomy Diagnosis Keperawatan menurut NANDA-I: Membedah Diangnosis NANDA-I 2018-2022 (SERI 2)


 

Capture

Cover E-Buku NANDA-I 2018-2022

 

Oleh,

Maria Frani Ayu Andari Dias, Perawat.

Setelah sebelumnya saya menuliskan mengenai Perawat dan diagnosis keperawatan: Membedah label Diangnosis NANDA-I 2018-2022 (SERI 1), inilah saatnya melanjutkan tulisan ini ke topik lainnya yaitu mengenai taxonomy dalam Diagnosis keperawatan seperti yang ditawarkan oleh NANDA International.

NANDA International, Inc adalah badan/organisasi yang menyediakan terminology standard dalam menentukan diagnosis keperawatan, dan diangnosis keperawatan ini disajikan dalam classification scheme yang kita kenal sebagai taxonomy. Ada perbedaan yang cukup significant antara terminology dan taxonomy, karena kadang kedua kata ini diartikan sama. Terminology adalah system yang memuat specialized terms, sedangkan taxonomy adalah ilmu atau teknik yang digunakan untuk menyusun, menciptakan system untuk mengklasifikasikan terms yang digunakan. Semoga sampai sini paham, ya.

Bagi teman-teman yang pernah belajar ilmu Biologi, pasti akan sangat familiar dengan istilah Taxonomy, karena baik tumbuhan dan hewan dikelompokkan berdasarkan taxonomy-nya. Tujuannya sederhana, untuk memudahkan penggolongan masing-masing terms/individu/masalah sehingga akan lebih mudah untuk dikenali atau digunakan oleh mereka yang membutuhkan. Selain istilah mengenai taxonomy, kita juga akan berhadapan dengan istilah kelas dan domain, sama seperti dalam taxonomy yang digunakan didalam ilmu biologi. Nah, dalam ilmu keperawatan, terdapat beberapa organisasi yang bekerja untuk menyederhanakan dan menggolongkan masalah-masalah potensial dalam asuhan keperawatan. Organisasi yang terkenal tersebut salah satunya adalah NANDA-I. Organisasi yang hasil kerjanya akan kita gali dalam beberapa seri postingan kedepan.

Pembagian diagnosa keperawatan dan juga nama-nama diagnosa keperawatan yang ditawarkan oleh NANDA 2018-2022 dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini,

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Demikianlah sekilas pengenalan mengenai label diagnosis keperawatan yang ditawarkan oleh NANDA-I untuk tahun berlaku 2018-2022.

Jika ada yang ingin ditanyakan dan dikonfirmasi, silahkan tanyakan saya melalui kolom komentar atau hubungi saya melalui kontak informasi yang sudah disediakan. Saya sangat bersemangat untuk belajar bersama teman-teman sekalian.

Salam dari saya.

 

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: