Lanjut ke konten
Iklan

Nasihat untuk Mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk Dunia Kerja


 

photogrid_15399430245618295583099722371615.jpg

Senior dan teman-teman di tempat saya bekerja

 

Selepas lulus dari sekolah dan memutuskan untuk masuk dunia kerja, saya belajar banyak hal yang banyak kali tidak saya temukan di bangku perkuliahan. Seperti apa yang banyak dikatakan orang, “Pengalaman adalah guru yang baik“. Demikianlah tulisan kali ini saya maksudkan. Dengan melihat kembali pengalaman-pengalaman yang pernah saya alami, saya menuliskan beberapa hal yang menjadi sangat penting bagi saya. Saya harap, pengalaman dan juga pelajaran ini dapat membantu mereka yang saat ini sedang mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja.

Beberapa hal yang saya pelajari dalam dunia kerja adalah sebagai berikut,

Being flexible
Kerap kali saya menemukan banyak hal yang berbeda antara teori dan praktik kerja di lapangan. Ya, memang seharusnya tidak demikian, tapi pada kenyataannya masih ada saja jurang perbedaan antara pembelajaran di sekolah dengan praktik kerja di lapangan. Menjadi flexible dalam menerapkan konsep, teori dalam dunia kerja sangat banyak membantu saya dalam menyederhanakan masalah dan mempercepat proses pemecahan masalah untuk meraih keuntungan dan kebaikan bagi semua.

Become a Fast learner
Ketika berkerja pun, kita masih harus belajar. Bedanya mungkin, kita tidak bisa bermalas-malasan lagi seperti ketika kuliah, atau membuat berbagai macam alasan yang hanya akan menghambat proses belajar kita.

Selama ini, Saya belajar bahwa ketika sudah berada di dunia kerja, kecepatan untuk menguasai ilmu dan keterampilan baru menjadi salah satu kunci untuk menjadi pekerja yang baik. Selain itu, memang lingkungan kerja menuntut kita untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu dalam waktu yang singkat. No option, memang.
So, please yang masih kuliah dan belum lulus, asah kemampuan ini. Jadilah master untuk menguasai keterampilan dan ilmu baru dalam waktu singkat.

Kerja tim dan kolaborasi
Jika ketika menjadi siswa, kamu terbiasa untuk bekerja proyek tugas kuliah seorang diri dan pelit untuk berbagi dan bekerja sama, alamat kamu akan cepat mampus ketika sudah mulai bekerja di dunia kerja. Kerja mandiri memang perlu, tapi ketika berhadapan dengan proyek besar menyangkut hidup banyak orang, kerja tim-lah yang akan menjadi mode kerja kebanyakan.

Nah, kerja tim ini akan sering dilakukan di dunia kerja, kolaborasi juga salah satunya. Jadi, mulai sekarang asah kemampuan kolaborasi dan bekerja bersama orang lain atau tim. Belajar pulalah untuk mengatur keinginan pribadimu dan menyeimbangkannya dengan keinginan tim. Percaya deh, kamu akan menjadi pekerja yang outstanding dibandingkan yang lain.
Psssttt…Saya belajar banyak dari para senior saya mengenai hal ini, mereka luar biasa

Rela hati
Ketika bekerja, tidak semua niat baik dan usahamu akan dihargai oleh rekan kerja, bos-mu dan perusahaan/kantor dimana kamu bekerja. Akan ada saat ketika semua pekerjaanmu nampak sia-sia, buang-buang waktu dan melelahkan sangat. Nah, saat inilah kamu perlu yang namanya ‘rela hati’. Merelakan semuanya terjadi dan berdamai dengan keadaan. Rela hati mungkin poin yang terakhir dari tulisan ini, tapi ini adalah poin yang paling sulit untuk dikuasai. Butuh waktu, usaha, kelapangan hati dan kerendahan hati untuk bisa merelakan hal yang tidak kamu inginkan dan tidak nyaman terjadi pada dirimu (Plus, restu dari Tuhan yang Maha Kuasa).
Nah, mulai sekarang persiapan dirimu. Pelajari bagaimana menguatkan sistem mental dan daya tahanmu terhadap stress dan sakit hati. Temukan jalanmu dan bersemangatlah untuk mencapai apa yang kau cita-citakan.

Demikianlah sedikit hal yang menjadi poin penting untuk saya pribadi dalam menghadapi dunia kerja saat ini. Selain empat poin ini, apakah kamu punya poin tambahan lainnya ? Ayo share dan Mari berdiskusi dan memperkaya diri bersama šŸ˜Š.

Semoga bermanfaat.

Seperti biasa, Salam hangat selalu.

Iklan
2 buah komentar Post a comment
  1. Muantapp…Terima kasih banyak, Kak.
    Keren dan setuju buanget!

    Kalau dipikir, Passion ini harusnya menjadi poin pertama dalam tulisan ini ya, karena Passion yang banyak menggerakkan seseorang untuk bekerja dan melakukan apa yang Ia inginkan.

    Suka

    22 Okt 2018
  2. Gusti 'ajo' Ramli #

    Mungkin tambahin satu lagi, yakni temukan passion dalam bekerja, agar apa yg kita kerjakan jadi menyenangkan… Hehe

    Disukai oleh 1 orang

    21 Okt 2018

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: