Kunci Sukses Meniti “Karir”* (*yang Kamu Inginkan)

3 komentar

 

virtual-office-99
Source: Office99.com

 

Oleh, Maria Frani Ayu Andari Dias

“…You have to start to be great…”#office99

 

Seorang sahabat saya bertanya, “Apakah kamu saat ini sudah sukses dan memiliki karir yang kamu inginkan ?”.

Menanggapi pertanyaan ini, beginilah jawaban saya,

Entahlah!. Tapi, yang saya tahu, saya sudah berada pada jalan yang seharusnya, jalan yang pasti akan membawa saya ketempat yang saya inginkan. Tidak hanya yang saya inginkan, tapi juga tempat dimana saya seharusnya berada”.

Jawaban ini mungkin menimbulkan pro dan kontra untuk mereka yang membacanya, mungkin ada yang menganggap saya sedikit sombong dan terlalu percaya diri.

Mengapa saya begitu yakin ?

Jawabannya seperti yang sudah saya katakan diatas, “..saya tahu, saya sudah berada pada jalan yang seharusnya..”.

Lalu, bagaimana saya tahu bahwa saya sudah berada pada jalan yang seharusnya ?.

Nah, untuk itulah mengapa tulisan ini saya buat. Saya tentu saja tidak ‘sangat ahli’ dalam bidang perencanaan karir, tapi setidaknya, saya cukup percaya diri untuk merencanakan karir saya sendiri. Saya sudah melewati banyak jatuh-bangun, hancur dan bahkan berada pada keadaan tidak berdaya. Jika pada saat ini saya masih kuat, masih bertahan dan masih menikmati perjalanan yang penuh kerikil ini, ya…ini adalah bukti bahwa saya sudah berada pada jalan yang seharusnya. Sombong dikit ngak apa-apa kali ye..

Berikut adalah beberapa hal yang saya pelajari, selama menikmati perjalanan penuh kerikil ini.

Miliki target

Sukses mungkin adalah sebuah perjalanan, tapi bukan hanya sembarang perjalanan tanpa arah dan tujuan. Sukses adalah perjalanan dengan tujuan yang jelas dan tentu saja terarah. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi seorang individu untuk memiliki target yang jelas dalam proses mencapai kesuksesan ini. Target ini bisa apa saja, tergantung dari hal apa yang dinilai individu sebagai sesuatu yang penting baginya.

Sebagai contoh,

Seorang anak petani karet alam, melihat definisi sukses sebagai keadaan dimana Ia mampu memiliki berhektar-hektar tanaman karet alam yang menghasilkan dan mampu mengangkat derajat perekonomian keluarganya.

Nah, menurutmu apakah contoh diatas sudah menunjukkan formulasi target yang cocok ?

Hum…Mari kita lihat.

Memformulasikan target atau tujuan pencapaian itu, ada rumusan atau ada ilmunya. Target inipun harus jelas dan diformulasikan dengan baik agar mudah dicapai. Mereka yang bergerak dalam ilmu manajemen akan sangat familiar dengan penggunaan istilah SMART untuk memformulasikan sebuah tujuan.

SMART adalah singkatan dari S=Specific, M=Measurable, A=Attainable, R=Reasonable, T=Time. Para perawat dan mahasiswa/I Keperawatan juga pasti akan sangat familiar dengan istilah ini, karena SMART sering digunakan untuk menyusun rencana asuhan keperawatan bagi Klien. Dengan menerapkan konsep SMART tadi, tujuan dari anak petani karet alam tadi dapat diformulasikan sebagai berikut.

Dalam jangka waktu 10 tahun, Saya bisa sukses menjadi seorang petani karet alam, dengan kriteria sebagai berikut: 1) mampu memiliki 5 hektar lebih tanah yang sudah saya tanami karet alam, 2)mampu menghasilkan karet alam setiap minggunya setidaknya 20 kg lebih, 3) menjual karet alam hasil produksi kebun sendiri ke pengumpul dengan harga asli tanpa potongan, 4) memiliki karyawan petani karet dibawah saya, yang juga bekerja untuk saya.

Memiliki target tentu saja sangat penting. Penting untuk meluruskan jalan kita setiap harinya. Tujuan atau target inipun adalah motivasi atau penyemangat setiap harinya. Energi yang akan membuat kita terus bersemangat untuk menjalani tugas kita setiap harinya. Itulah mengapa memiliki target itu menjadi sangat penting.

Target-target ini harus pula dibagi-bagi menjadi target-target kecil untuk pencapaian-pencapaian kecil setiap harinya. Capaian-capaian kecil ini nanti akan membentuk capaian besar yang menjadi target utama. Prosesnya nanti akan seperti tangga. Semakin keatas, semakin meningkat untuk mencapai target besar.

Terus belajar dan beradaptasi dengan keadaan

Meskipun kita bukan seorang siswa lagi (kebanyakan dari kita), tapi kita adalah mahasiswa di universitas kehidupan ini. Kita diberi kesempatan untuk hidup dan memanfaatkan hidup ini dengan semaksimal mungkin. Memanfaatkan hidup ini, atau menghidupi hidup ini dilakukan pula dengan belajar terus menerus sepanjang hayat. Belajar untuk nantinya dapat beradaptasi dengan keadaan dan dengan perubahan dunia.

Ya, tidak bisa dipungkiri. Perubahan adalah sesuatu yang konstan dan tetap dalam dunia ini. Detik pertama sudah berbeda dari detik kedua. Dunia terus berkembang setiap detiknya dan adalah tugas kita untuk beradapatasi dengan keadaan dunia ini. Ketidakmampuan kita untuk beradaptasi akan membawa kita pada kepunahan. Sebelum punah, kita setidaknya tersingkir dulu lalu menghilang dan mati. Ah, kita bisa mengubah hal ini tentu saja. Sangat bisa !

Belajar, pada jaman yang serba teknologi ini bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Mesin pencari yang tersambung dengan internet memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Kita hanya tinggal ‘mengetiknya’ saja. As simple as that.

Bagi para anak gadis, belajar make up sekarang tidak perlu dilakukan di kelas make up. Video yang di unggah di Youtube sangat membantu proses belajar mengenai make up. Siapapun bisa belajar langsung darinya. Sungguh sangat sederhana dan tidak ribet pastinya.

Cerita sedikit, selama saya bekerja saat ini, inovasi adalah poin penting yang sangat ditunggu oleh perusahaan atau kantor tempat saya bekerja. Inovasi tidak didapatkan dari sekedar duduk diam dan tidak melakukan apapun, inovasi didapatkan dari belajar, uji coba, dan repeat sampai mendapatkan konsep yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan. Kalau saya tidak belajar dengan cepat dan segera melakukan ujicoba, apakah saya akan bertahan ?. Tempat saya bekerja saat ini, pasti akan segera mendepak saya dan saya mungkin berada dalam keadaan ‘homeless’ tanpa penghasilan sekarang. Lihat, bagaimana pentingnya sebuah kata ‘belajar’.

So, dengan semua kemajuan teknologi dan keuntungan-keuntungan yang ada pada saat ini, masihkan kita tidak mau belajar ?.

Baca Juga: Belajar dari Jemuran yang Penuh: Mencari Kesempatan disela Kesempitan.

Do not waste your time! (Terutama untuk hal-hal yang tidak berguna)

Jika kamu sudah memiliki target, saya yakin bahwa kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu berhargamu untuk pekerjaan yang hanya akan membuatmu semakin jauh dari target atau tujuan suksesmu. Kamu akan nampak sangat berbeda dibandingkan dengan mereka yang memang tidak memiliki tujuan dan keinginan untuk sukses.

Jangan menunggu untuk mencapai sukses. Tapi, ciptakanlah kesempatan dan peluang untuk mencapai sukses itu. Entah untuk dirimu atau untuk diri orang lain. Kamu akan menjadi sangat luar biasa dengan hal ini.

Sampai sekarang, saya masih banyak menemukan orang-orang yang (maaf) bersikap tidak kasihan pada banyaknya waktu yang dibuang sia-sia olehnya. Membuang waktu dengan ngerumpi tidak jelas atau hanya menunggu tanpa melakukan apapun. Okay, come on. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya diatas, dunia terus menerus berubah dan memajukan dirinya. Sikap membuang-buang waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna atau tidak bermanfaat atau hanya menunggu tanpa melakukan aktivitas apapun adalah hal yang sungguh tidak bermanfaat. Jangan buang-buang waktumu!

Sebuah kalimat ini mungkin bisa memanaskan bokongmu sedikit,

“Bekerjalah terus dan berusahalah, biarlah liang kubur menjadi tempat peristirahatanmu yang terakhir!”.

Jalin komunikasi dan perluas jejaring pertemanan sukses.

Ingin bisnismu bertahan lama ?. Hargailah orang-orang yang tumbuh diantara bisnismu tersebut. Orang-orang yang dimaksud disini adalah mereka yang merupakan rekan bisnismu dan juga costumer-mu. Mengapa ?. Karena mereka adalah pemakai aktif bisnismu dan untuk itulah kamu harus menaruh hormat pada keberadaan mereka. Kamu harus menumbuhkan mereka, sehingga ketika mereka tumbuh, bisnismu juga akan ikut tumbuh dan berkembang. Ia bukan ?.

Perlakukan rekan bisnismu dengan hormat. Bersikaplah rendah hati selalu dan selalu siap untuk membantu ketika jasamu diperlukan. Jangan takabur dengan jabatan atau posisi yang kau miliki saat ini, karena jabatan itu bukan sesuatu yang pasti dan abadi. Ia akan berubah suatu waktu. Jangan juga membuat jabatan sebagai dewa atasmu, tapi lebih baik dirimu dan kepribadianmu sebagai magnet untuk pekerjaan dan jabatan yang memang sesuai dengan dirimu.

Jika ada masalah yang menunda langkah bisnismu karena masalahmu dengan rekan bisnismu, segera selesaikan dan berdamailah segera. Jangan membuat masalah itu berlarut-larut terjadi. Tidak baik, sungguh tidak baik, dan sungguh tidak sehat. Jangan pula berniat untuk mengorbankan orang-orang yang ada disekelilingmu secara tidak adil, hanya karena ambisimu yang gimana begitu.

Start now! Jangan menunda.

Mulailah sekarang dan jangan lagi menunda. Lakukanlah apa yang harusnya kau lakukan. Pikirkan seperlunya dan segera ambil keputusan. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri agar menerima tanggung jawab atau konsekwensi dari keputusan yang sudah kamu ambil.

Jika bisnismu memerlukan sebuah kantor dan pada saat ini kau bahkan tidak memiliki rumah untuk tinggal, mengapa tidak mencoba kantor virtual atau lebih dikenal sebagai office99 ?. Ada ? Ya…ada!. Kantor virtual bahkan sudah ada sejak tahun 2016 yang lalu. Come on, jangan sampai ketinggal, dua tahun yang lalu lagi.

Kamu bisa melakukan peminjaman kantor untuk urasan bisnismu, soal biaya bisa nego !. Segera hubungi narahubung-nya #office99

Jika untuk memulai bisnismu kamu tidak memiliki kemampuan dan kompetensi mengenai hukum dan perpajakan, jangan takut. Saat ini bahkan sudah ada jasa pengurusan dan konsultasi mengenai pajak. Kamu tidak usah ribet dan berpikir ‘tidak bisa’.

Come on, Einstain pernah mengatakan bahwa “Masalah itu ada karena ada pemecahan masalahnya”.

Okay, kurang keren apa lagi coba.

Ya,..Demikianlah kunci sukses dalam meniti karir ala saya. Hal-hal yang perlu kamu ingat adalah, miliki target, jangan pernah berhenti belajar,jangan buang-buang waktumu untuk hal-hal yang tidak perlu, jalinlah hubungan dengan orang lain sebaik mungkin, dan do it now, jangan menunda !.

Baca Juga: Ingin Menjadi Orang Sukses ?

Semoga bermanfaat.

 

virtual-office-99-bsd
Source: Office99.com

 

Iklan

3 comments on “Kunci Sukses Meniti “Karir”* (*yang Kamu Inginkan)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s