Begini seharusnya Kamu menulis Product Review

7 komentar

photogrid_15480565360031767270563472445692.jpg

Akhir-akhir ini, saya sedang gemar menulis mengenai Procuct Review. Tidak ada alasan yang khusus, hanya suka saja. Titik.

Kadang, sehabis saya bangun tidur, lalu bersiap untuk mandi dan pergi bekerja, saya mendapatkan moment ini, moment dimana ketika saya menggunakan product-product, lalu pikiran saya saya memerintah, “Product ini bagus”. Serius, hanya dengan kalimat seperti ini, saya kadang harus menunda keberangkatan saya ke tempat kerja untuk segera menuliskan ide yang tiba-tiba saja terlintas di kepala. Saya tidak ingin kehilangan moment, dan itu juga termasuk moment ketika saya ingin menulis review dari sebuah product.

Pekerjaan untuk menjadi seorang product reviewer saat ini sangat banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Bahkan, kalau kita perhatikan, para Narablog juga dengan sangat bersemangat ikut melakukan kegiatan review product pada saat ini. Tentu saja dengan alasannya sendiri-sendiri. Saya pun demikian, dengan alasan yang juga sudah saya jelaskan sebelumnya.

Kalau dilihat kembali, saya sudah menelurkan beberapa tulisan yang ada kaitanya dengan review sebuah produk. Beberapa diantaranya adalah,

  1. Powder Paper: Solusi Cerdas membawa ‘Bedak’ ringan untuk Mereka yang Suka Bepergian.
  2. Review Product: Eyes Shadow Palette dari Mustika Ratu “Beauty Queen Series.
  3. Pengalaman Mengonsumsi Minyak Ikan Selama 10 Hari.
  4. Review Product Marcks’ Venus Soft Matte Lip Cream: Mencari pemulas Bibir yang Tepat
  5. Minyak Rambut Cem-ceman untuk Rambut Hitam dan Kuat
  6. Membersihkan Sisa Make Up dengan Cara Alami

Binggung juga, mengapa bisa sebanyak ini. Mana rata-rata masalah perias wajah pula. Saya kadang tertawa sendiri, meskipun tampang saya kadang sedikit manly, tapi saya masih menyimpan sedikit sisi feminim ini.

Selama menuliskan review mengenai barang atau produk tertentu, saya menemukan banyak sekali pelajaran. Salah satunya adalah pelajaran dari tulisan yang sangat menginspirasi milik WIKIHOW yang berjudul “How to Write a Product Review”.

Pengalaman dan juga literature review sederhana yang saya lakukan memampukan saya untuk menyusun sedikit informasi mengenai cara yang baik untuk melakukan review pada produk tertentu.

Ehm, perlu diketahui dan digarisbawahi bahwa saya bukan ahli dalam menulis review produk. Saya ingin belajar, itu saja. Menulis review produk adalah salah satu keterampilan tulis menulis yang ingin sekali saya kuasai. Tulisan ini adalah sebuah pembelajaran untuk saya dan juga untukmu yang bersemangat untuk belajar juga. Saya harap nantinya, ada orang-orang baik yang mau membagikan saya banyak pengetahuan mengenai topik yang sedang sangat senang saya pelajari pada saat ini.

Supaya tidak semakin panjang dan semakin ngelantur kesana dan kemari, berikut adalah beberapa hal yang berhasil saya pelajari,

Pilih Product yang Ingin di-Review

Product ini bisa apa saja, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis. Sebagai contoh adalah seperti yang saya gambarkan pada awal paragraph tulisan ini. Product yang saya gunakan setelah saya bangun tidur sampai ingin bersiap bekerja menginspirasi saya untuk menulis sesuatu tentangnya. Usahakan teman-teman sekalian dapat memilih produk tidak dalam keadaan memaksa atau terpaksa, karena tidak ada yang indah dari sebuah keterpaksaan. Sungguh !

Pilih produk yang memang bisa memberi manfaat dan keuntungan positif bagi pemakainya. Setidaknya hal ini mencegahmu dari dipenjarakan orang karena merekomendasikan hal yang keliru pada orang lain.

Produk ini bisa saja merupakan produk yang sudah sering kamu gunakan dan bisa juga merupakan produk yang ingin kamu gunakan. Silahkan saja, sesuai dengan keinginan penulis. Saya sendiri, lebih memilih untuk melakukan review product yang sudah pernah saya gunakan. Setidaknya minimal sudah pernah saya gunakan sekali. Hal ini sangat penting, karena alasan, “Saya harus mempunyai pengalaman bersentuhan dengan produk yang ingin saya review”.

Gali informasi terkait dengan Produk

Ini adalah aktivitas yang sangat vital, mengenal produk yang ingin kamu review. Hukum untuk langkah ini adalah wajib!.

Sebelum kamu bersiap untuk melakukan review, kamu harus bisa memastikan bahwa produk yang ingin kamu review bersifat jelas. Jelas dalam artian, Jelas asal usulnya, jelas kandungan atau bahan pembuatannya dan jelas kegunaannya. Silahkan kreasikan sendiri informasi yang ingin kamu masukkan agar pembaca-mu terbantu dengan produk yang ingin kamu promosikan.

Menggali informasi atau melakukan research terhadap produk yang ingin kamu tampilkan kepada pembaca akan menjadi kesempatan yang baik bagimu, terutama untuk menilai apakah produk yang ingin kamu review ini cocok atau sesuai untuk di-review. Ini menjadi kesempatan bagimu untuk mempertimbangkan segala sesuatu yang perlu dimasukkan kedalam tulisan review-mu.

Pada saat melakukan penggalian informasi ini, kamu juga harus sekalian mencari apa yang diinginkan oleh pembacamu. Apa yang diinginkan oleh pembaca bisa saja, berupa

  • Apakah produk ini mudah untuk digunakan ?
  • Apakah produk ini memiliki kualitas yang bagus ?
  • Apakah ada orang lain yang memiliki pengalaman keberhasilan dalam menggunakan produk ini ?
  • Apakah ada alternative produk yang bisa digunakan selain produk ini, kalau saja produk ini tidak ditemukan di pasaran atau harganya yang sangat tidak terjangkau?
  • Apakah produk yang dipasarkan ini, worth the money ? (Ini mungkin adalah hal yang paling penting untuk dimasukkan kedalam tulisanmu).

Ketika menulis review, usahakan untuk menjadi orang yang Adil.

Adil atau Balance disini mengandung arti seimbang dalam menuliskan pro dan kontra dari produk yang kamu bahas. Kamu harus bisa menyeimbangkan poin plus dan minus yang kamu temukan ketika menggunakan produk yang kamu tawarkan. Terlalu banyak plus-nya atau terlalu banyak negative-nya sangat tidak baik untuk pembacamu. Saya tentu tidak merekomendasikan hal ini.

Kalau kamu ingin menambahkan informasi tulisanmu dengan melakukan perbandingan dengan produk lain yang serupa dan kurang lebih sama, silahkan. Ini akan menjadi hal yang sangat baik untuk tulisanmu dan juga para pembacamu. Mereka akan sangat terbantu dengan informasi semacam ini.

Selanjutnya, ketika kamu menulis review, sama seperti menulis jenis tulisan lainnya, perhatikan siapa target respondenmu. Mereka adalah orang-orang yang nantinya akan membaca tulisanmu, semakin kamu menuliskannya dengan Bahasa yang biasanya mereka gunakan, mereka akan semakin banyak menginvestasikan waktunya untuk membaca tulisanmu. Harapannya, mereka akan tergerak untuk setidaknya menyelesaikan bacaan yang ada dihadapan mereka pada saat ini.

Demikianlah teman-teman yang baik hatinya, ada setidaknya tiga hal penting yang perlu kita catat bersama. Mulai dari, memilih produk yang ingin di-review, melakukan penggalian informasi dan berusaha untuk bersikap adil ketika melakukan review.

Apakah ada lagi poin-poin penting yang ketinggalan?

Hum, setelah membaca tulisan ini, apa yang ada di kepalamu ?

 

Semoga bermanfaat ya Guys,..

(Pasti bermanfaat untuk Saya Pribadi hehehehe).

Iklan

7 comments on “Begini seharusnya Kamu menulis Product Review”

  1. Tenang, Mbak. Mbak tidak sendiri, karena saya juga menulis sambil nyambi. Nyambi sambil mengerjakan pekerjaan lain juga.

    Kalau saya, saya biasanya menulis lalu tulisannya ditabung dulu. Karena kadang, banyak saja kendala untuk publish segera. Bisa karena saya ragu, atau karena tata bahasa saya yang tidak pas. Tulisan ini pun sebenarnya hasil tabungan beberapa hari yang lalu, baru aja dikeluarkan dan di publish hehehehe.

    Semoga bermanfaat ya Mbak.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Yang ada di kepala saya adalah ingin membuat review produk juga he he he …
    Eh, bisa nggak ya mengingat aku susah serius dan konsentrasi. Nulisnya aza nyambi” (nyambi” makan, nyambi” naik angkot, nyambi” nunggu, nyambi” deh pokoknya he he he)

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s