Book of the Week: The Trials of Apollo, Book One “The Hidden Oracle”

Belum ada komentar

 

Judul                               : The Trials of Apollo, Book One: The Hidden Oracle

Penulis                            : Rick Riordan

ISBN                                 : 978-1-4847-3667-8

Penerbit                          : Disney-Hyperion, New York

Buku ini bisa diperoleh di Amazon Kindle, goodreads atau bisa langsung diperoleh langsung di Ipusnas.

Rick Riodan adalah seorang penulis yang sukses dengan best-selling series untuk novel seperti Percy Jackson, Magnus Chase and the Gods of Asgard dan masih banyak lagi. Hampir semua karyanya menjadi number one bestselling book di New York, USA. Beberapa dari karyanya bahkan sudah pernah diangkat ke layar lebar dan menyentuh hati banyak orang.

Berkat kepiawaiannya untuk menulis kisah seputar dewa-dewa dan mitos-mitos, Ia memang layak mendapatkan gelar kehormatan sebagai “storyteller of the gods”.

Saat ini, Mr. Riordan muncul kembali dengan series terbarunya The Trials of Apollo yang sukses merebut hati banyak pembaca. Buku pertama sari The Trials of Apollo adalah The hidden Oracle yang isinya mengisahkan tentang perjalanan dan petualangan Dewa Apollo di dunia manusia.

 

rsz_apollo
Dewa Apollo menurut Mitos Masyarakat Yunani

 

Sebagai pengingat, Dewa Apollo merupakan dewa yang terkenal dalam kisah mitos masyarakat Yunani. Ia terkenal sebagai dewa yang pandai bermain musik, pandai membuat dan mengolah puisi, pemanah yang handal, peramal dan juga penyembuh. Ia juga merupakan keturunan langsung dari Dewa Zeus dan Dewi Leto serta saudara sekandung Dewi Arthemis. Selain terkenal dengan keagungannya, Apollo juga terkenal sebagai dewa yang ‘patah hati’. Dikisahkan bahwa Ia pernah jatuh cinta dengan seorang wanita, tapi orang yang Ia cintai ini memutuskan untuk pergi meninggalkannya. Diburu oleh rasa sakit hati, Ia merubah orang yang dicintainya menjadi tumbuhan.

Dengan dilandasi oleh kisah mitos ini, Mr. Riordan membentuk karakter Apollo. Apollo selanjutnya diceritakan sebagai dewa yang harus turun ke bumi dan menjadi manusia. Ia harus menyelesaikan misi tertentu sampai Ia dinyatakan layak untuk menjadi dewa kembali. Apollo dalam misi petualangannya bertemu dengan Percy Jackson yang merupakan seorang Demigod keturunan Dewa Poseidon dan bersama-bersama berjuang untuk melawan musuh dengan dibantu oleh beberapa demigod lainnya.

Apollo dalam buku ini digambarkan sebagai sosok yang tidak berdaya dan cukup keras kepala. Ia juga merupakan sosok yang overthinking dan banyak kali kesulitan untuk mengambil keputusan karena sikapnya ini, mungkin karena Ia adalah seorang dewa yang terkenal dengan keindahan dan seni.

Pada buku ini, Apollo belajar untuk hidup menjadi manusia biasa dan belajar untuk menerima keadaannya yang powerless. Ia juga harus rela untuk menjadi abdi dari seorang demigod yang merupakan keturunan dewa yang bukan favoritnya. Apollo juga harus menghadapi takdir untuk melawan keturunannya sendiri, Kaisar Nero dari Roma yang terkenal karena kejahatan. (Mr. Riordan entah kenapa sangat terkenal dengan jalan cerita ayah melawan anak dan sebaliknya seperti ini).

photogrid_15497035652858422131419355455880.jpg

Buku ini seperti buku harian Apollo, karena dikisahkan secara detail dari sudut pandang Apollo. Pembaca bisa merasakan langsung gejolak perasaan yang timbul dalam diri Apollo, terutama ketika Ia harus belajar menerima keadaannya, yang bukan seorang dewa lagi. Apollo juga dikisahkan oleh Mr. Riordan sebagai seorang dewa yang sering dan mudah jatuh cinta, tidak hanya pada lawan jenis, tapi pada sesama jenis. Mereka yang tahu kisah asli Apollo pasti akan langsung paham dengan kisah yang saya maksudkan.

Buku ini menarik untuk di baca pada waktu senggang, karena buku ini cukup ringan dan mengandung bahasa-bahaa yang kocak. Dewa-dewa yang diceritakan dalam buku ini adalah dewa-dewa yang berasal dari mitos masyarakat Yunani tapi dalam versi modern, versi jaman now. Dewa-dewa yang diceritakan dalam buku ini bahkan mengenal Youtube, Spotify dst, ini memang ciri khas cerita karya Mr. Riordan. Pembaca tidak akan bosan melewati halaman demi halaman dari buku ini dan akan menjadi terus penasaran dengan kelanjutan kisah petualangan Apollo. Buku ini memang adalah buku berseri, jadi harus sabar membacanya.

Bagi pembaca yang baru kali pertama membaca buku ini, saya sarankan untuk berkenalan terlebih dahulu dengan karya Mr. Riordan yang berjudul Percy Jackson (PJ). Kalau tidak, saja jamin bisa banyak binggungnya, karena buku ini seperti perpanjangan kisah dari serial PJ tapi dengan tokoh yang berbeda.

Penasaran kisahnya ?

Yuk baca!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s