Attention! Ada Komunitas Bloger baru, gabung yuk!

17 komentar

“Setiap hari adalah kesempatan luar biasa untuk belajar sesuatu yang baru”

Saya bangun pagi dengan menanamkan dalam pikiran kalimat sederhana ini. Meskipun hanya sederhana, kalimat ini sangat powerful! Kalimat ini mampu menggerakkan saya dari tempat tidur dan membuat saya bertahan setidaknya 12 jam di luar rumah.

Masih mengenai belajar sesuatu yang baru, saya memiliki kabar yang pasti tidak asing lagi di telinga teman-teman yang aktif blogging. Yeap, ada komunitas blogger baru yang kece! Super kece malah. Komunitas blogger ini bermana IKATAN KATA.

Sama seperti lahirnya komunitas blogger-blogger lainnya, komunitas ini juga lahir dari keresahan para blogger terhadap menurunnya fenomena penggunaan aktif blog sebagai media untuk berbagi informasi, edukasi, hiburan dan masih banyak lagi. Seorang Guru saya, bahkan pernah mengatakan demikian, “Blog sepertinya sudah kalah pamor dibandingkan dengan Vlog atau kegiatan Vlogging”. Sadis!.

Keresahan lainnya dapat ditemukan dalam tulisan milik MasHP (Mas Heri Purnomo) yang berjudul “Harapanku untuk Dunia Blogging”. Lalu, tulisan Mas Fahmi Ishfah dengan judul “Keresahan seorang blogger”. Keresahan-keresahan ini akan banyak kita temukan bertebaran di dunia maya, dan tidak akan berubah kalau tidak ada aksi.

Syukurlah, fenomena gayung bersambut pun terjadi. Mas Fahmi Ishfah selanjutnya menginisiasi pembentukan komunitas blogger baru yang membawa harapan aktif dan konsisten dalam menulis. Tulisannya yang berjudul “Ide membuat komunitas bloger baru” mendapatkan respon yang sangat luar biasa. Pada saat yang bersamaan lahirlah Komunitas Bloger Ikatan Kata.

Apa itu IKATAN KATA?

Jika dilihat dari informasi mengenai komunitas ini, Komunitas Bloger Ikatan Kata dapat dijelaskan sebagai,

…komunitas untuk para bloger yang senang dan aktif menulis di dalam blognya. Komunitas ini lahir dari keresahan para bloger yang merasa bahwa semakin hari para pembaca online atau netizen dan bloger lain semakin malas dan enggan untuk membaca blog apalagi menulisnya…

…rumah dan setiap anggotanya merupakan keluarga yang saling menyokong satu sama lain, memberikan semangat, saling mengingatkan kebaikan dan berbagi beragam ilmu pengetahuan berdasarkan latar belakang masing-masing. Kami mengikat renjana atau passion yang dituangkan, dirangkai dan dibingkai dalam susunan kata-kata yang rapi dengan pesan tertentu sehingga setiap pembaca bisa mengerti apa yang disampaikan..

Komunitas ini menggukan kata “Ikatan” sebagai salah satu kata untuk memberikan identitas unik dan spesifik. Saya menemukan deskripsi “Ikatan” yang sangat menarik dari tulisan Mas Sunarno dalam tulisannya yang berjudul “Komunitas Ikatan Kata”,

“Ikatan-ikatan itu mengikat. Longgar atau tidak tergantung kesepakatan, juga aturan. … Ikatan itu bisa tetap, sementara, maupun yang dapat bubar kapan saja…”.

Ya, ikatan itu mengikat, tetap tapi Ia bisa juga longgar, bersifat sementara dan lepas. Sangat menarik.

Apa yang dapat diharapkan dari Komunitas ini ?

Seseorang pernah berkata kepada saya mengenai komunitas bloger, kira-kira seperti ini,

“Untuk apa bergabung dengan komunitas bloger, pada akhirnya nanti bubar juga”

Saya tidak setuju!. Saya harus ikut dan menggabungkan diri saya dengan teman-teman blogger lainnya agar menghidupkan komunitas ini, mencegah agar kalimat “…pada akhirnya nanti bubar juga” tidak terjadi dengan begitu mudahnya.

Komunitas ini memiliki aktivitas menulis yang terbilang konsisten. Sampai saat ini, saya sudah mengikuti aktivitas yang bernama KETIK (Kumpulan Edukasi dan Tantangan Ikatan Kata). Bagi teman-teman yang suka tantangan, aktivitas blogging ini pasti akan sangat menarik. Saya sendiri senang menyeret-nyeret diri saya untuk secara aktif mengikuti tantangan ini setiap kali deadline tantangan di posting.  

Selain aktivitas tantangan menulis, komunitas ini juga sering membahas mengenai hal-hal seputar teknik-teknik menulis dan publikasi di WA Group. Meskipun saya (jujur saja) tidak secara aktif ikut bergabung dalam diskusi, saya sangat senang untuk membaca dan menyaksikan pertukaran informasi yang aktif dilakukan oleh para anggota. Saya senang karena bisa belajar dengan teman-teman dalam komunitas. Bagi saya ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa!

Melihat aktivitas-aktivitas yang sudah direncanakan dan aktivitas yang sudah berjalan, saya optimis bahwa komunitas ini akan bertahan dan berkembang dengan besar nantinya. Saya yakin!

Peraturan

Seperti halnya komunitas-komunitas lainnya, peraturan wajib ada dan berlaku dalam komunitas. Tujuannya adalah untuk menjaga iklim yang nyaman, aman dan bersahabat dalam hidup berkomunitas. Komunitas Bloger Ikatan Kata pun memiliki peraturan yang mengikat anggota-anggota komunitasnya.

Peraturan-peraturan ini dibagi setidaknya menjadi dua bagian. Peraturan umum dan peraturan khusus wajib. Peraturan umum adalah peraturan yang secara luas berlaku bagi penulis-penulis dengan menggunakan wadah seperti wordpress di Indonesia. Peraturan umum ini ada kaitannya dengan aturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Sedangkan peraturan khusus yang wajib adalah peraturan yang mengikat anggota-anggota dalam komunitas sesuai dengan kesepatakan bersama.

Sila berkunjung ke halaman “Rules” milik Ikatan Kata untuk mengenal lebih jauh mengenai peraturan-peratuan ini.

Cara bergabung

Mas Fahmi pernah berkata kepada saya,

“Tidak perlu merasa terbebani, jadikan kegiatan menulis ini sebagai motivasi”

Saya mengaminkan perkataan ini. Kegiatan blogging memang adalah kegiatan atau aktivitas harian saya yang paling konsisten selain aktivitas dan pekerjaan utama saya sebagai perawat tentunya. Sebelumnya saya pun pernah membeberkan kepada dunia bahwa menulis adalah bagian dari terapi untuk saya sendiri. Saya membutuhkan terapi ini, saya merasa membutuhkan kegiatan menulis.

Saya ingin menularkan idealisme ini, dan mengajak teman-teman yang memiliki keresahan yang sama untuk ikut bergabung dalam komunitas ini. Caranya sangat mudah, silahkan untuk berkunjung ke halaman Join Us milik Ikatan Kata. Pada halaman ini, kamu akan diminta untuk memberikan/mengisi form yang berisi data diri, dan menjawab beberapa pertanyaan ringan. Kamu hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 15 menitan. Sangat sederhana. Lalu, jangan lupa untuk klik pernyataan “Saya ingin bergabung di komunitas bloger ikatan kata”.

Tunggu saja, kamu akan langsung dihubungi via nomor kontak yang tersedia dan secara langsung kamu akan bergabung dengan teman-teman blogger yang sangat luar biasa!

Selanjutnya, teman-teman juga bisa sekalian berkunjung ke list member komunitas ini.

Jika masih merasa ragu untuk memberi keputusan untuk bergabung dan menggabungkan diri, tengoklah anggota-anggota komunitas ini dan berkenalanlah dengan mereka, bisa melalui karya tulisan yang mereka lahirkan atau kontak mereka langsung melalui informasi kontak yang tersedia.

Demikianlah teman-teman, saya bangun pagi dan belajar sesuatu yang baru melalui interaksi saya dengan informasi mengenai Komunitas Bloger Ikatan Kata. Saya belajar mengenai komunitas, ikatan, koneksi dan masih banyak lagi. Hari ini akan menjadi hari yang menyenangkan.

Bagaimana denganmu ? Sudah siapkah bergabung dengan komunitas ini ?

Salam dari Saya.

17 comments on “Attention! Ada Komunitas Bloger baru, gabung yuk!”

  1. Kita perlu ikatan tanpa merasa terikat. Kecuali kebersamaan yang menularkan spirit dan menjaga stamina menulis. Karena rasanya setiap orang bisa menulis. Yang lebih sulit adalah menjaga stamina setia terhadap sebuah dunia sepanjang hidup.

    Nice and persuasive article. Thx, mbak Maria.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Halo, Pak.

    Ia, saya menggunakan ide tulisan milik Bapak sebagai salah satu referensi. Saya senang dengan konsep pemikiran mengenai ikatan. Keren!
    Terima kasih sudah menuliskan hal yang keren, Pak.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Terima kasih ya, Mas.

    Ia, senang akhirnya bisa menuliskan tantangan KETIK yang ini. Kemarin sedikit kesulitan juga mau menulis dengan sudut pandang yang mana karena teman-teman sudah secara keroyokan menulis mengenai tema tulisan ini wkwkwkwkwk.

    Terima kasih juga untuk tanggapannya, Kak. Semoga kita bisa menjaga spirit ini secara terus menerus ya. Semangat!

    Disukai oleh 1 orang

  4. Kalau mendaftarkan diri, apalagi dengan menyertakan nomor telepon dalam data identitas, maka akan otomatis bergabung dengan WA Group.

    Segala informasi nanti akan dibagikan di WA group ini. So..sepertiny wajib nih wkwkwkwk

    Suka

  5. Wkwkwkwk, Ia Mbak.

    Seperti yang saya tulis di sini, saya ikut WA group-nya, tapi sebagai silence reader. Saya komunikasikan ini dengan tim manajemen komunitas ini, dan mereka mengerti. Maklum, kerjaan kita buanyaakkk betul. Terpenting adalah mengikuti tantangan menulisnya, yang disebut “KETIK” dengan disiplin tpi tidak dijadikan beban juga.

    Suka

  6. Info menarik, untuk ikut sebuah grup online org sepertiku pertimbangannya banyak banget..semakin mudah syarat dan semakin sedikit kewajiban makin suka hahaha

    Disukai oleh 1 orang

  7. Hahahaha, sama Kak. Saya pun demikian. Sambil mempertimbangkan kesibukan saya, saya memang lebih memilih yang ngak neko-neko tapi saya bisa belajar hal baru dan membuat saya bisa berkembang.

    Yuk ikut gabung, Mbak. Lumayan untuk mendapatkan kenalan baru, berbagi pengalaman dan belajar dari orang lain juga.

    Suka

  8. Terima kasih banyak, Kak.

    Saya masih berjuang untuk menyelesaikan tantangan-tantangan yang lainnya ini; dan benar mari kita bangun dan jaga Ikatan Kata supaya tumbuh dengan baik dan memberi manfaat bagi banyak orang.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s