Channel Youtube anti-bosan


Setelah mengalami banyak sekali kejadian akhir-akhir ini, saya rasa tidak ada salahnya kalau kita bersantai sejenak dengan meniru apa yang banyak dilakukan oleh orang-orang ketika berkunjung ke Youtube.

Saya juga adalah bagian dari komunitas besar Youtube, setidaknya sampai pada status memiliki akun dan penikmat konten-konten yang disajikan di sana. Saya rasa, banyak diantara kita yang demikian. Ia tidak ?

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang Youtube channels yang saya pandang ‘menarik’ sebagai tempat investasi waktu dan kuota paket internet. Beberapa akun youtube yang saya pilih mungkin sedikit berada di luar biasanya kita orang Indonesia, tapi saya harap teman-teman sekalian dapat menilai dengan bijak apapun yang disampaikan di sini. Semua daftar akun-akun youtube ini, tentu saja pilihan yang bersifat personal dengan pertimbangan alasan-alasan tertentu.

So, here the list!

TED

Saya bukan originally penggemar TED videos yang ada di Youtube. Saya lebih senang membaca tulisan-tulisan yang diterbikan di Ideas.Ted.com. Saya bahkan sering mengambil banyak informasi sebagai bahan tulisan di blog ini dari sana.

TED di Youtube berisi presentasi ide-ide menarik dari berbagai orang di dunia. Ide-ide ini dikemas dalam bentuk presentasi singkat yang dibawakan oleh para presenter yang merupakan original author dari ide-ide ini. Saya senang bagaimana presenter di TED ini hanya diberikan waktu kurang dari 20 menit untuk menjelaskan ide-ide yang dimiliknya. Ya, meskipun ada beberapa yang memiliki presentasi lebih dari 30 menit, bahkan ada yang sampai satu jam.

Presentasi yang hanya dilakukan kurang dari 20 menit ini seperti mengikuti teori yang menyatakan bahwa manusia (dan students pada umumnya) hanya sanggup menahan konsentrasi mereka secara penuh dalam waktu kurang lebih 15 menit (Meskipun pernyataan ini pun masih diragukan juga).

Selain ide-ide menarik dari para pembaca di TED, kita pun bisa belajar tentang bagaimana mempresentasikan ide kita dengan baik di sini. Presentasi yang baik itu ternyata tidak perlu panjang-panjang, harus singkat, padat dan jelas. Harus pula memiliki tujuan yang jelas dan berisi informasi yang sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan. Sebagai contoh adalah presentasi yang dibawakan oleh Yuval Noah Harari dengan judul “Why humans run the world”. Presentasi yang hanya berlangsung selama 17 menit 8 detik ini adalah sintesis dari buku best seller-nya yang berjudul “The brief of human history: Homo Sapiens” yang memiliki lebih dari 500 halaman.

TED juga berisi banyak sekali video dengan topik-topik menarik yang tidak terpikirkan. Sebagai contoh adalah presentasi dari James Veitch tentang aktivitas isengnya membalas email spam (Video presentasinya bahkan sudah ditonton lebih dari 50 juta kali). Ada juga model seperti Cameron Russells yang membongkar realitas yang sangat mengejutkan dari hidup sebagai seorang model. Worth to watch! dan, yang terpenting adalah hampir semua video di TED memiliki subtitle, yang sangat kita butuhkan pastinya.

Why human run the world_Yuval Noah Harari (Source: TED)

Psych2Go

Channel ini saya temukan secara tidak sengaja, dan secara tidak sengaja pula muncul di-timeline saya beberapa tahun yang lalu. Sejak saat itu, saya menjadi bagian dari follower channel ini dan cukup rutin menyantap konten-konten yang disajikan di dalamnya.

Hal menarik yang saya temukan dalam video ini adalah, fakta bahwa hal rumit bisa dikemas ulang menjadi hal yang sederhana dan menarik. Hal rumit yang saya maksud adalah pelajaran mengenai psikologi manusia, dan dikemas ulang yang saya maksud adalah memaparkan pengetahuan-pengetahuan rumit dalam bentuk animasi yang sangat-sangat tidak membosankan.

Saya sangat menyukai playlist tentang Dating yang disajikan oleh channel ini. Tidak melulu soal reaksi kimia di otak, tapi banyak sekali hal-hal menarik yang dipelajari dari satu kata, dating.

6 Ways To Help a Friend in a Toxic Relationship

Doktor Mike

Channel edukasi yang dikemas dengan menarik dan sangat menyegarkan mata ini adalah milik seorang dokter yang bernama dokter Mike. Saya mengenalnya pertama kali lewat akun gossip yang menyatakan bahwa Ia menjalin hubungan asmara dengan Miss Universe asal Filipina, Pia Wurtzbach. Tapi, setelah itu saya tidak menaruh perhatian sama sekali. Meskipun Ia memiliki tampang yang sangat menyegarkan mata dan sangat berpendidikan (plus ramah pula), tapi Ia tetap belum bisa meyakinkan saya untuk berkunjung ke channel-nya dan memutuskan untuk menjadi pengikut.

Baru ketika pandemic ini terjadi, saya menjadi sangat tertarik dengan video yang Ia publikasikan di channel miliknya. Videonya yang berjudul, “Doctor Fact-Checks Media on Coronavirus” menjadi video yang sangat menarik perhatian saya waktu itu. Saya sangat terkesan bagaimana memberikan argumentasi dengan caranya yang sangat-sangat menarik. Banyak kontroversi yang terjadi setelah video itu, tapi tetap saja video miliknya ini begitu menarik untuk dicermati. Saya lalu dengan senang hati meng-klik subscribe.

Dalam channel-nya, Ia menyajikan kepada masyrakat umum hal-hal menarik seperti Doctor Reacts Series, Ask Doctor Mike Series, Responding to comments dan masih banyak lagi. Kita akan banyak belajar dari video-video yang diterbitkannya. Saya demikian, dan saya harap teman-teman pun demikian.

Doktor Mike

Jenn Im

Jenn Im adalah seorang youtuber Korean-american yang saat ini tinggal di USA sana. Saya sudah lama mengikuti channel youtube miliknya, bahkan sejak pengikutnya hanya berjumlah kurang dari 500 ribu subscriber. Saya adalah penikmat konten-konten yang dipublikasikannya. Berbeda dengan youtuber lain, Ia memiliki konsistensi dan realness yang jarang ditemukan pada youtuber-youtuber lain. Ia juga tidak hanya cantik secara fisik, tapi seriously Ia juga sangat menarik dalam berbagai hal lainnya. Ia juga adalah seorang kutu buku! Ini semakin menambah deretan daya tariknya sebagai youtuber.

Jenn Im setiap bulannya mengasuh konten tentang Monthly Favorites dan Ia tidak pernah lupa menyematkan setidaknya satu buku kesukaannya. Saya sering membaca buku-buku yang Ia rekomendasikan dan menemukan ketertarikan yang sama tentang buku-buku yang Ia rekomendasikan. Ia memiliki genre buku favorite yang sama seperti saya.  

Totally recommended untuk mengunjungi channel-nya ini.

Jeffree Star

Jeffee Star adalah nama channel seorang beauty influencer yang sering menimbulkan kontroversi di mana-mana. Ia sangat menarik di mata saya karena ‘keberaniannya’ untuk menjadi diri sendiri. Channel youtube-nya memang disebut-sebut sebagai the biggest beauty channel in Youtube, meskipun dalam pandangan saya, Ia bukan seorang beauty guru yang cukup lihai dalam teknik untuk aplikasi make up.

Saya tertarik dengan channel-nya karena kepribadian pemilik channel (Jeffee Star) yang unik, dan gaya bicaranya yang seriously membuat saya kadang tertawa-tawa sendiri. Ia memiliki sense of dark humor yang real!. Saya juga sangat menyukai ide-ide kreatif yang berhasil disulapnya menjadi bisnis. Meskipun terkesan sangat-sangat memamerkan gaya hidup yang maksimalis dan boros, tapi channel-nya sangat patut diberikan kesempatan untuk diikuti karena Ia menyajikan konten berupa proses-proses dibalik pencapaian yang selama ini Ia pamerkan. Ia mengajarkan para pengikutnya kerja keras, konsistensi dan bagaimana menjalin hubungan bisnis yang baik. Saya jadi tertarik belajar mengenai bisnis kosmetik karena menonton channel miliknya. Really, this person is something else!

Music

Untuk music, sangat sulit sekali memilih hanya satu channel saja. Ada banyak! Dan saya yakin teman-teman pasti tahu ini. Saya meng-subscribe banyak sekali channel music dalam dan luar negeri, untuk sekedar hiburan, dan update informasi music terbaru.

Saya tidak tahu dengan teman-teman sekalian, tapi saya menggunakan Youtube sebagai app untuk meng-update my deepest guilty pleasure, Korean music. Saya adalah subscriber untuk akun-akun seperti SMTOWN, JYPentertainment, Big Hit Labels, 1theK, 88rising dan masih banyak lagi. Saya sangat menantikan produksi lagu-lagu baru dari negeri korea ini. Entah kenapa video-video music mereka membuat saya termotivasi untuk menjalani hidup sehari-hari. Produktivitas mereka ini loo! Sangat patut dicontoh.

Ngomong-ngomong, August D atau yang dikenal dengan nama Suga dari BTS, baru saja mengeluarkan music video-nya yang berjudul ‘대취타’. Apakah ada yang sudah nonton?. Saya langsung meluncur ke link video dan mengamati dengan sangat intens video tersebut secara berulang-ulang dalam waktu yang ‘hanya Tuhan yang tahu’. Saya selalu terkagum-kagum dengan music video yang dikeluarkan oleh Big Hit Labels, terutama yang ada hubungannya dengan BTS. Music video mereka selalu menyimpan pesan-pesan yang sangat menarik untuk digali, diperdebatkan dan direnungkan. Beberapa penyanyi seperti IU (Lee Ji-Eun) pun melakukan hal yang sama untuk music video yang banyak dilahirkannya, yang paling terkenal menurut saya adalah BBIBBI-MV yang menyimpan pesan agar para penggemarnya ‘keep a safety line between them’. Music video-nya yang terakhir, berjudul Eight, kolaborasi dengan SUGA of BTS bahkan sangat menyentuh banyak orang. Menurut saya, menyimpan pesan dari music, lirik dan music video seperti ini adalah strategi marketing yang sangat-sangat jenius! Saya harap produksi music dalam negeri dapat melakukan hal yang sama.

Baru-baru ini, saya menemukan music video produksi Weird Genius yang berjudul Lathi (Ft. Sara Fajira) mengusung strategi marketing yang sama. Coba tonton musik videonya, dan berikan komentarmu.

Ada yang sudah nonton?

Make up and beauty-stuff channel.

Rasanya, sangat tidak adil kalau tidak memasukkan channel tentang make-up dan make-up product di dalam list ini. Para pembaca saya pasti tahu betul bagaimana saya sangat menikmati konten-konten seputar produk kecantikan dan make-up. Indeed, one of my guilty please!

Saya pernah menyebutkan bahwa saya sangat menyukai channel Violate_fr sebelumnya, dan channel tersebut masih sampai sekarang menjadi channel yang saya rekomendasikan kepada beberapa orang. Saya juga senang mengunjungi channel lainnya seperti, Nuria Ma, Jennifer Chiu, Alexa Chung, Jessica Land, dan Love Marie Escudero.

Baca juga: Belajar kebebasan dalam Fashion, Beauty and Style dari Parisian Woman

Dari beberapa channel ini, saya sangat tertarik dengan konsep video yang dibawa oleh Matilda. Saya suka konsep video yang tidak menampilkan wajah seperti yang dibawa oleh Matilda. Padahal konten produk make-up pada umumnya menampilkan wajah pemilik konten dan mencoba produk langsung di wajah. Tapi, dalam konten yang dibawa oleh Matilda, Ia hanya menampilkan tangannya saja. Produk-produk ditampilkan dan dicoba dengan menggunakan tangannya saja. Konsep ini ternyata banyak mendapatkan simpati dari pengunjung karena keunikannya.

Saya pun harus membicarakan ini, saya adalah fans untuk konten dari Love Marie Escudero. Seorang artis dan youtuber asal Filipina. Sebelum Ia memiliki channel di Youtube, saya lebih dulu mengenalnya dari buku yang ia terbitkan dan juga karya tangannya berupa lukisan. Ia adalah salah satu artis asal Filipina yang memiliki banyak bakat dan memiliki pembawaan yang luar biasa berkesan. Ia dinobatkan sebagai salah satu dari Crazy Rich Asian yang menginspirasi movie terkenal dengan judul yang sama. Saya terkesan dengan video yang Ia publish karena Ia nampak tidak mencoba terlalu keras, dalam artian ia hanya menjadi dirinya sendiri, dan ini adalah hal yang patut dipelajari oleh wanita manapun.

Matilda dan konsep uniknya tentang memperkenalkan produk kecantikan.

Demikianlah teman-teman sekalian. Pada masa-masa saat ini, tidak ada salahnya menginvestasikan waktu dengan berkunjung ke channel-channel menarik di Youtube. Tapi, saya sangat berharap tidak berlebihan juga, secukupnyalah.

Pesan utamanya adalah ‘belajar’ dengan baik dari konten-konten yang ditawarkan di Youtube. Ambil pesan dan pelajaran yang baik, dan jadikan juga pelajaran untuk hal-hal yang tidak baik di sana, kalau tidak sesuai dengan kebutuhan hidup, segera buang!  Jangan terlalu lama disimpan, tidak baik untuk kesehatan.

Bagaimana dengan teman-teman sekalian, channel Youtube apa yang kalian ikuti, dan pelajaran menarik apa yang kalian dapatkan dari channel yang kalian ikuti? Silakan untuk membagikannya di kolom komentar.

As always, salam dari saya, dan Semoga hari-harimu menyenangkan.

28 pemikiran pada “Channel Youtube anti-bosan

  1. Hallo Mbak Ayu, saya akan coba nonton channel yang Mbak rekomendasikan.

    Kalau saya akhir-akhir ini senang dengan channel Liziqi kontennya sangat menarik, mununjukkan keindahan tempat tinggalnya.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Hi, Mbak.
    Ia, Saya juga pernah berkunjung ke channel Deddy Corbuzier beberapa waktu yang lalu. Obrolan yang ada di sana lumayan menarik untuk diikuti. Setuju, tergantung mood dan kebutuhan juga haaa

    Suka

  3. Terima kasih, Mbak.
    Wah, saya eprnah berkunjung dan menonton beberapa video dari Liziqi ini. Konten yang dibawanya sungguh menarik!, Ia membawa tempat tinggalnya yang nampak sangat alami. Sesuatu yang sangat kita butuhkan saat ini, alam.

    Terima kasih juga sudah mampir dan berkunjung.

    Suka

  4. Wah, rekomentasi yang sangat bagus ini, Kak. Saya baru saja berkunjung ke channel-nya dan mereka ternyata sudah punya 12 juta subscribers. Betul, animasi videonya bagus banget dan penyampaian informasi melalui video yang mereka produksi juga sederhana dan mudah diikuti.

    Sekali lagi, terima kasih, Kak.

    Suka

  5. Ia,..Sepertinya karena masalah #workfromhome atau #stayathome seperti saat ini. Ketika kita diminta lebih banyak berdiam di tempat, dan mengurangi gerak dan interaksi di luar tempat tinggal. Efeknya banyak yang beralih ke aktivitas digital, yang terlalu banyak memberikan informasi (Kadang, bahkan yang tidak kita perlukan) wkwkwkwk.

    Suka

  6. Aku sih suka tedx talk selainnya belum pernah tau, bermanfaat banget channel youtubenya mbak, sekarang sih lebih cenderung channel pesantren ojolali yaitu seorang bapak2 , selalu melihat ke jadian melalui sejarah bahkan kadang di perlihatkan sumber bukunya.😊

    Disukai oleh 1 orang

  7. Beberapa tahun lalu pernah ketagihan nonton Crash Course-nya John dan Hank Green. Seru banget cara mereka menjelaskan hal-hal saintifik dalam kemasan populer. Macam-macam bahasan mereka, dari mulai filsafat Yunani Kuno sampai teknologi terkini. 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  8. Terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar, Mas.
    Ia, kita memilih channel dari Youtube sambil menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Saya rasa, tidak perlu dipaksa untuk menyaksikan channel yang hanya membuat kuota wkwkwk. Haduh, kok malah bicarakan soal ini ya hahaha

    Suka

  9. Saran yang bagus, Ayu. Untuk Ted Talks aku juga sering menonotnnya. Seingatku Sakdiyah Makrup, seorang lo,ika Indonesia juga pernah hadir di sini memberikan paparan informasi yang menarik dalam balutan komedi.

    Dan untuk Weird Genius, aku acungi jempol. Eka Gustiwana memang tak pernah gagal membuat kagum semua orang.

    Disukai oleh 1 orang

  10. Terima kasih juga sudah mampir dan meninggalkan komentar, Kak Fahmi.
    Wah, saya belum pernah dengar tentang Sakdiyah Makrup. Tapi, Ayu memang pernah berkunjung untuk melihat TedTalks lokal seperti yang dimiliki oleh universitas, contoh adalah ITB, UB.
    Ayu suka ide mengenai ide presentasi yang hanya sekitar 15-18 menitan itu. Informasi yang diberikan juga padat dan menggugah.

    Setuju, Eka Gustiwana memang keren.

    Suka

  11. Ping-balik: Menjelajahi Ke Penjuru Blogger Ikatan Kata – Ikatan Kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s