(Ulasan Buku)Tiga Fase Menemukan Oase


Judul Buku: Tiga Fase Menemukan Oase: Mari Berlatih Menyikapi Masalah dengan Lebih Bijaksana

Penulis:  Mharta Adji Wardana

Penerbit: CV. Jejak (2020)

Jumlah Halaman: 80 Halaman.

Tiga Fase Menemukan Oase: Mari Berlatih Menyikapi Masalah dengan Lebih Bijasana

Buku yang ada di tangan saya ini, ringan dan tidak memiliki banyak halaman. Total hanya 80 halaman saja. Saya tergoda untuk memilikinya ketika saya berkenala untuk mencari bahan bacaan baru. Judulnya membuat saya sangat ingin membeli dan memilikinya. Tidak perlu waktu lama, buku ini pun langsung masuk ke keranjang belanja dan langsung saya bayar di tempat.

Awalnya saya ragu, apakah saya dapat mempelajari sesuatu dari buku setipis ini. Dari pengalaman, buku yang tidak memiliki banyak halaman ini dapat memberikan saya dua hal, pertama adalah pelajaran yang harus dengan sangat teliti saya telaah dan dalami. Kedua adalah buku seperti ini akan membuat saya terus mempertanyakan, mengapa saya harus membuang-buang rupiah yang sangat sulit saya kumpulkan.

Selesai membaca buku ini, saya pun tidak meragukan bahwa penulis telah membuat saya memilih pilihan pertama. Padat dan sangat berisi. Demikian kesan saya. Selesai satu bab, saya harus terus mengulang-ulang apa yang ditulis dalam setiap lembar dalam buku ini.

Penulis, yang seorang pembelajar matematika membuat saya sangat terkejut dan terkagum-kagum dengan setiap kata yang diabadikan dalam buku ini. Dalam hati, saya terus saja mengatakan kepada diri sendiri, sejak dulu saya sangat ingin menulis seperti penulis buku ini. Itu saja terus.

Banyak hal yang dapat saya pelajari dari buku ini. Terutama karena buku ini mengingatkan saya dengan proses berpikir kritis yang diterapkan dalam penyusunan asuhan keperawatan kepada pasien yang merupakan aktivitas dan kegiatan saya sehari-hari. Membaca buku ini membuat saya secara emosional merasakan kedekatan. Beberapa pelajaran penting, yang dapat saya pelajari dari buku ini adalah sebagai berikut:  

Tiga Langkah

Terdapat tiga langkah penting yang harus dilalui oleh mereka yang ingin mendapatkan atau memperoleh oase. Ketiga langkah tersebut adalah negation, exploration, dan willingness. Negation, dapat diperoleh dengan memperkuat dan mengontrol kesadaran emosi. Exploration diperoleh dengan melatih diri untuk menjadi proaktif, dan menerapkan model GROW (Goal, Reality, Option& Will) untuk dapat menghadapi rintangan dan tantangan. Willingness, disusun dengan begin with the end in mind dan menerapkan powerful questions in coaching.

Kecerdasan Emosi

Menarik sekali ketika penulis menempatkan soal kecerdasan emosi pada bagian awal buku ini. Saya sangat familiar dengan konsep, know yourself, choose yourself dan give yourself. Saya pun sangat terkesan dengan cara penulis untuk menyajikan konsep ini dengan sederhana dan sangat mudah untuk dipahami serta dipraktikkan.

Emosi, meskipun bentuk dan rupanya adalah ibarat awan di langkit, menarik sekali untuk menemukan bagaimana penulis mendeskripsikannya dengan sangat sederhana dan mudah dipahami oleh banyak kalangan, termasuk saya sendiri. Tidak lupa, penulis pun menekankan bahwa dengan memahami dan mengenal emosi (atau dalam bahasa lain menjadi master atas emosi kita sendiri adalah sebuah kekuatan. Sebuah fondasi yang sangat perlu dimiliki oleh mereka yang ingin menemukan kesuksesan dan kedamaian dalam hidupnya.

Kunci sukses: Tahu apa yang benar-benar diinginkan dan tahu cara untuk mencapainya

Sukses, sebuah kata sederhana yang membuat banyak orang terjaga setiap malamnya, yang juga menyumbang masalah kecemasan bagi dunia pada saat ini. Banyak orang tergerak dan terdorong karena keiginan untuk menjadi sukses. Tidak terhitung lagi banyak orang yang bahkan sanggup untuk menjual dirinya sendiri untuk mencapai “sukses.”

Buku ini pun memberikan petunjuk yang sangat teknis sekali, jika seseorang ingin menjadi sukses dan tidak kehilangan dirinya sendiri. Awali dengan pertanyaan, “apa yang benar-benar aku inginkan?” lalu, bergerak untuk mencari dan menemukan jalan untuk mencapai tujuan ini.

Terdengar sangat sederhana, bukan? Tapi, dalam prosesnya hummm..luar biasa!

Saya sangat terkesan dengan buku ini, terutama karena buku ini mempraktikkan the power of simplicity. Latar belakang penulis sebagai seorang matematikawan membuat setiap kata yang tertulis dalam buku ini memiliki makna yang dalam. Nampak jelas seperti dikalkulasikan dengan sangat baik dan sangat hati-hati.

Saya sangat merekomendasikan para pembaca sekalian untuk segera memiliki buku ini.

Buku ini dapat diperoleh dari Toko Buku Jejak dengan harga Rp 35.000 (Tiga puluh lima ribu rupiah). Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s