Ah, Waktu : Sebuah Permenungan


Oleh,

Maria Frani Ayu Andari Dias, Perawat.

Melihat kembali foto-foto kenangan masa lalu benar-benar mengasikkan. Sambil menunggu mood positif saya kembali untuk mengerjakan tugas kantor, saya menyempatkan diri untuk membuka-buka album foto lama milik tempat kerja saya sekarang.

Menarik, karena saya dengan otomatis memutar waktu dan seakan berada disana dan menikmati masa-masa penuh kebahagiaan dan keagungan masa lalu. Indah sekali dan tua sekali.

Seakan bercermin dengan masa sekarang, saya melihat banyaknya perubahan-perubahan fisik dan juga suasana pada tempat yang sama. Perubahan fisik dari orang-orang adalah yang paling menonjol dan paling menarik untuk saya cermati.

Bapak ini yang keadaannya saat ini seperti ini, dulu sosoknya seperti ini. Ibu ini yang saat ini seperti ini, sosoknya dulu seperti ini.”

Perubahan itu memang konstan hukumnya, tidak ada satupun makhluk yang immune terhadapnya.

Perjalanan menembus ruang waktu melalui foto-foto lama juga menyisakan saya sebuah kerinduan yang sangat besar. Kerinduan akan ‘suasana’ dan ‘situasi’ seperti yang tergambar dalam setiap slide-slide foto yang saya perhatikan. Entah kenapa dan mengapa, keadaan didalam foto nampak lebih ringan dan nampak lebih menyejukkan hati dibandingkan dengan keadaan saya saat ini. Saya rindu akan suasana lama, yang tua dan jadul.

Ah, waktu…

Banjarmasin, Januari 08.2018

FB_IMG_1504258360649

FB_IMG_1504258363340
Kenangan bersama Perawat-Perawat Jiwa di Universitas Brawijaya, Malang.

 

6 pemikiran pada “Ah, Waktu : Sebuah Permenungan

  1. Yang saya rasa jika mmebuka album foto masa lalu, jauh merasa waktu lebih cpt berlalu, tak terasa foto dl masih gadis,kulit masih kencang sekarang sdh kendor semua he he
    Btw, Mbak Ayu sekarang kerja di tanah air kah?

    Disukai oleh 1 orang

  2. Haloo Bu,
    Masa lalu ya Bu…waktu memang merubah segala sesuatu.

    Ia Bu, saya d Tanah air sekarang. Di Banjarmasin tepatnya. Kemarin mau balas pesan ibu di postingan sebelumnya, tapi secara tidak sengaja terhapus oleh saya sendiri.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Haloo juga mbak Ayu….
    iya memang kalau lihat foto lama terasa betul wkt berlalu sangat cepat ..
    baguslah mbak, sdh lebih dekat dengan kampung halaman ya … smg semakin sukses mbak Ayu. Aamiin…
    oh begitu …

    Disukai oleh 1 orang

  4. Ia Bu, Terima kasih banyak atas doa dan dukungannya.
    Saya juga harus menyelesaikan tulisan yg Ibu minta beberapa bulan yang lalu soal Alzheimer. Semoga cepat bisa diposting ya…

    Sukses terus juga untuk Ibu, Salam untuk keluarga.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar